Monday 24 February 2020

TipsInfoBelajar : Solusi untuk mengatasi foto/logo yang tidak tampil saat di print menggunakan microsoft world

Halo teman-teman,
pernah gak sih ngeprint file yang ada gambarnya tapi saat di print kok gambarnya ndak muncul ?
pasti keles banget ya ?
nah saya juga pernah mengalami hal yang sama, beberapa bulan lalu saya beli printer baru lalu saya sering ngeprint dari hp dan juga dari laptop/komputer, terus suatu hari ada orang yang minta tolong tugasnya dibuatkan dan langsung di print, nah pas saya print kok malah gambarnya ndak muncul, saya langsung bingung setengah mati dan akhirnya saya cari di google untuk solusinya tapi sebelum saya cari solusinya saya coba convert file microsoft world ke file pdf dan akhirnya bisa . Namun saya tetap penasaran kenapa file microsoft tidak terbaca ketika print file yang ada gambarnya, lalu ketika saya searching di google ada artikel yang ngasih tau caranya dan saya pun mencoba cara tersebut.
cara yang saya dapat dari salah satu artikel di google adalah :
1. buka microsoft world (tentu saja)
2. siapkan gambar yang ingin di print atau file tugas yang ada gambarnya entah itu JPG atau apapunlah.
3. ketika sudah ingin ngeprint ditahan dulu, klik tombol button di kiri atas.
4. lalu klik world option atau "option" (tergantung ente punya microsoft tahun berapa ?)
5. klik display terus centang pada print drawings created in world dan print background color and image
6. klik advance, lalu beri tanda centang pada print in background kemudian klik ok
lalu coba deh printnya
nah pas saya coba cara yang dikasi oleh artikel google ini ternyata tetap tidak bisa, saat di print gambar tetap ndak muncul.
namun saya mencoba mencari cara lain dan akhirnya ketemu di salah satu artikel di google juga (artikelnya hilang, saya ndak dapat link googlenya), tapi caranya jauh lebih mudah dan simpel dari cara diatas dan cara ini sangat berguna dan juga berhasil.
langsung aja saya kasi tau caranya.
1. siapkan file microsoft anda yang ingin di print
2. pas sudah di buka filenya lalu klik gambar yang ada di dalam file tersebut contoh (difoto)

3. setelah gambarnya di klik lalu tekan "format" (contoh difoto bawah)

4 setelah klik format lalu selanjutnya klik corrections (itu yang gambarnya macam matahari) (contoh di foto bawah)
5. setelah klik corrections kalian tinggal rubah aja modelnya, biar tidak terlalu merubah warna gambar kalian cukup ganti sebelahnya aja (contoh seperti digambar bawah)

selesai, jika semua cara tersebut sudah dilakukan, kalian tinggal print aja filenya semua beres.
usahakan tiap print kalian harus lakukan cara diatas karena ketika sdh di setting dan di save lalu coba print di hari yang lain kemungkinan gambarnya ndak muncul lagi, jadi kalian tinggal setting lagi aja ganti model gambarnya.
intinya kalau ngeprint terus gambarnya ndak muncul tuh caranya ada 3
cara pertama lakukan setting seperti cara yang paling atas
cara kedua setting gambarnya seperti cara diatas yang saya bagikan gambarnya
cara ketiga adalah convert file microsoft world kalian ke pdf.
semoga penjelasan saya bisa di pahami ^_^
terimakasih
saya akan membuat tutorial versi videonya nanti saya akan upload di youtube, mohon ditunggu ya jika masih belum paham ^_^



No comments: