Saturday 15 July 2017

Mengenal Kerusakan pada HP smartphone sebelum berpikir untuk membawanya ke tukang service

Hai,. postingan kali ini saya akan membahas mengenai masalah-masalah yang sering timbul dan cara menanganinya untuk Hp Smartphone.
ok berikut masalah-masalahnya dan cara menanggulanginya.

1. Baterai

terkadang kita sering lalai terhadap baterai handphone kita banyak orng yang sering menganggap bahwa kerusakan pada baterai hanya terjadi apabila baterai kembung, baterai sering tiba-tiba cepat habis. padahal tidak selalu kerusakan baterai pada hp seperti itu, tapi ada juga baterai hp yang jika diliat semuanya normal padahal baterai telah rusak. seperti contoh : jika anda melihat HP smartphone anda sering restart sendiri padahal RAM masih banyak yang kosong ROMnya juga masih banyak tapi hp sering restart sendiri? itu bisa saja disebabkan oleh baterai anda yang rusak. walaupun baterai terlihat normal sebenarnya baterai anda telah mengalami kerusakan karna faktor usia atau mungkin karna kelalaian anda sendiri, banyak orng berfikir hp sering restart disebabkan karena softwarenya yang rusak dan harus di instal ulang. namun ternyata setelah di instal ulang pun hp tetap restart sendiri, silahkan anda coba sendiri menggunakan baterai lain karena bisa jadi itu kerusakan pada baterai, jika anda lihat di youtube sekalipun ada banyak sekali pengguna smartphone yang mengalami hal yang sama tapi kerusakan hanya pada baterai. setelah baterai di ganti hp kembali normal. Jadi sebelum anda memutuskan untuk pergi ke tukang service alangkah baiknya anda cek smuanya terlebih dahulu.

2. HP mati total











jika hp anda mengalami mati total anda jangan panik ada beberapa kemungkinan hp anda mati total.
  • karena jatuh LCD pecah - jika hp anda pernah jatuh maka kemungkinan LCD pecah sehingga terlihat seperti tidak menyala padahal sebenarnya hp anda menyala hanya saja LCD telah rusak. maka anda harus menggantinya dengan yang baru, harga LCD pun terbilang cukup mahal tergantung merk HP
  • Baterai - bisa jadi baterai salah satu penyebabnya. coba anda menggunakan baterai yang lain jika tetap tidak bisa maka baterai anda aman.
  • EMMC - apa itu emmc ? emmc itu adalah memori internal pada hp bisa dibilang jantungnya hp. jika emmcnya rusak maka itu dapat menyebabkan hp anda mati total. jika hp anda adalah hp yang cukup terkenal, maka anda bisa menggantinya dengan biaya murah anda bisa membelinya di tempat-tempat online seperti Tokopedia DLL atau juga anda bisa mencari solusi untuk EMMC di Youtube. ada berbagai cara supaya emmc tidak perlu diganti namun itu butuh keahlian dan butuh sedikit keberanian.
3. HP bootloop

jika hp anda bootloop atau berhenti di logo anda bisa melakukan langkah seperti menggunakan tombol rahasia untuk instal ulang atau kembali ke pengaturan pabrik seluruh data yang tersimpan di memori internal akan hilang dari setiap merk hp memiliki tombol rahasia yang berbeda namun umumnya untuk mereset hp anda perlu menekan lama tombol power dan tombol volume atas atau bawah secara bersamaan ada juga hp yang menekan lama tombol pwer dan tombol atas atau bawah serta menekan tombol home secara bersamaan. namun jika cara tersebut ternyata tidak bisa maka anda perlu menggunakan pc untuk menginstal ulang.
anda tidak perlu panik, anda cukup sediakan kabel usb lalu silahkan download stok ROM hp anda sesuai dengan merk. biasanya stok ROM di sediakan di web resmi merk HP tersebut. jika stok ROM tidak ada itu masalah besar namun jika stok ROMnya ada maka anda tidak perlu pusing anda tinggal download dan instal ulang hp anda. untuk masalah cara instal ulang hp anda bisa melihatnya di Youtube atau juga google.

4. Aplikasi sering keluar sendiri atau not responding
jika hp anda sering mengalami hal yang diatas seperti aplikasi keluar sendiri, yang perlu anda cek adalah RAM. jika anda merasa RAM anda memiliki kapasitas besar maka ada kemungkinan kerusakan ada pada EMMC karena jika emmcnya rusak maka aplikasi-aplikasi tidak akan berjalan normal. maka yang harus anda lakukan adalah mengurangi menggunakan aplikasi yang tidak perlu, anda harus sering merawat emmc anda seperti menghapus data yang tidak perlu atau menggunakan aplikasi cleaning.



Sekian untuk postingan saya semoga bermanfaat.

No comments: